Jumat, 20 Desember 2019

Tugas kewirausahaan


Tugas Kewirausahaan Menjual "Rorec Natural Skin Care Mask" melalui Media Sosial Instagram


     kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah yang ada di kampus Polteka Mangunwijaya. Mata kuliah tersebut mengajarkan mahasiswa untuk mempunyai sebuah usaha yang nantinya dapat diwujudkan dengan cara mereka masing - masing. Kegiatan wirausaha ini sangatlah bermanfaat untuk saya karena dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang baru, sehingga jika suatu saat nanti saya ingin berwirausaha maka dapat mengetahui hal - hal apa saja yang dapat dilakukan agar usaha saya tersebut dapat berkembang dan menjadi sukses. Pada kegiatan wirausaha ini, kelompok saya akan menjual produk kecantikan "Rorec Natural Skin Care Mask" yang akan dipromosikan melalui media sosial instagram.
   Produk kecantikan sekarang sangatlah bermacam - macam mulai dari lipstick, eyeliner, foundation dan lainnya yang tentunya itu semua sangatlah digemari oleh perempuan untuk mempercantik diri, oleh karena itu kelompok saya akan menjual produk masker wajah yang saat ini sedang digemari oleh semua orang baik kalangan orang yang bekerja maupun pelajar. Masker wajah sendiri mempunyai manfaat yang bermacam - macam tergantung dari variannya mulai dari mencegah timbulnya jerawat, melindungi kulit akibat dari terpapar sinar matahari, menghilangkan noda hitam hingga yang lainnya. 
   Pada kegiatan wirausaha ini saya bertugas untuk memesan produk tersebut, mempromosikan melalui media sosial instagram, dan melakukan COD ke tempat yang sudah ditentukan. Selain dari instagram saya juga mempromosikannya melalui WhatsApp dan menawarkan secara langsung ke teman - teman terdekat saya agar produk tersebut dapat diketahui oleh semua orang dan berminat untuk membelinya. Kelompok saya menjual masker wajah ini dengan harga Rp.  7.000 untuk 1 buah masker, yang tentunya harga tersebut sangatlah terjangkau dan tidak terlalu mahal. Dalam menjual produk tersebut, kelompok saya hanya mendapatkan pesanan 1 buah masker saja, tetapi itu semua tidak masalah untuk kami karena kami sudah berusaha yang sebaik mungkin untuk mempromosikannya dan itu semua dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk mencari peluang yang lebih banyak lagi dalam berwirausaha. 
    Mempromosikan produk usaha pada zaman dahulu dengan yang sekarang sangatlah berbeda dan sudah modern, sehingga dalam mempromosikannya melalui media sosial mungkin harus dengan design yang cukup unik agar dapat menarik perhatian para konsumen untuk membelinya. Dalam mempromosikan produk usaha melalui media sosial juga tidak mudah dan pastinya banyak pesaing di luar sana yang menjual produk yang sama tetapi dengan harga yang jauh lebih murah, sehingga konsumen akan lebih memilih untuk membeli produk dari pesaing. Tips yang mungkin dapat membantu dalam melancarkan sebuah usaha melalui media sosial instagram yaitu gunakan akun instagram yang mempunyai cukup banyak followers sehingga dapat meningkatkan jumlah pembeli, berikan harga yang jauh lebih murah kepada konsumen dengan membandingkan harga yang ditawarkan oleh pesaing lainnya yang memiliki produk yang sama tetapi juga harus memperhatikan kualitas produk tersebut aman untuk konsumen, meminta bantuan kepada teman terdekat untuk mempromosikannya melalui akun media sosial mereka agar informasi penjualan tersebut semakin meluas dan menambah peluang dalam pemesanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas kewirausahaan

Tugas Kewirausahaan  Menjual "Rorec Natural Skin Care Mask" melalui Media Sosial Instagram      kewirausahaan merupa...