Sabtu, 09 November 2019


Kegiatan Mahasiswa D3 Analis Kesehatan Politeknik Katolik Mangunwijaya
Kunjungan Industri ke PT. Victoria Care Indonesia

  

Dalam pembelajaran kewirausahaan, tentunya mahasiswa mempunyai pandangan suatu saat nanti untuk berwirausaha dengan cara mereka masing – masing. Dengan adanya kegiatan kunjungan industri ini, maka dapat menambah pengetahuan dan wawasan lagi bagi mahasiswa yang mempunyai keinginan untuk berwirausaha. Sehingga mereka dapat mengetahui hal – hal apa saja yang dapat dilakukan agar sukses dalam berwirausaha. Pada tanggal 6 Oktober 2019 pukul 08.00 WIB, kami mendapat kesempatan untuk melaksanakan kunjungan industri ke PT. Victoria Care Indonesia dan melihat berbagai macam proses yang ada di dalamnya, mulai dari pengenalan produk, pengenalan laboratorium, proses produksi, proses pengemasan, pengolahan limbah dan sejarah berdirinya perusahaan tersebut.

PT. Victoria Care Indonesia merupakan pabrik yang memproduksi suatu produk kosmetik bernuansa alami yang memproduksi kurang lebih 350 jenis produk seperti hair color, parfume, body lotion, face mask, soap dan masih banyak lagi. Salah satu produk yang terkenal adalah Herborist, produk herborist juga memiliki berbagai macam jenis produk sehingga banyak digemari oleh semua masyarakat. Produk tersebut tidak hanya memproduksi di Indonesia tetapi juga sudah di eksport ke ASIA, contohnya seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darusalam, dan Jepang. Produk yang telah diproduksi oleh pabrik ini sudah mendapatkan sertifikat dari BPOM sehingga tidak perlu khawatir akan kualitas produk tersebut.

Kunjungan industri ini dilakukan agar mahasiswa juga dapat mengenali dunia kerja yang sangat luas, sehingga mereka lebih siap untuk menghadapi tantangan kedepannya. Selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui tentang proses dari pembuatan produk tersebut dan mesin – mesin yang digunakan untuk membuatnya. Dalam dunia kerja kita juga harus selalu disiplin waktu dalam bekerja, jujur, tanggung jawab, tertib terhadap aturan yang berlaku, dan lainnya. Proses pembelajaran ini tidak hanya menyangkut kewirausahaan tetapi juga mengenai program studi kami yaitu analis kesehatan. Dalam kunjungan tersebut kami mendapatkan penjelasan tentang proses pengecekan sampel yang dilakukan di dalam laboratorium untuk menguji kelayakan produk tersebut, agar bisa digunakan oleh semua orang dan tidak membahayakan konsumen. Selain melihat proses yang ada di dalam pabrik tersebut, kami mendapatkan kesempatan untuk bertanya – tanya mengenai produk apa saja yang telah diproduksi selama ini. PT. Victoria Care Indonesia juga menyediakan tempat yang digunakan pengunjung untuk berbelanja produk tersebut.

Kegiatan kunjungan industri ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Serta saya              mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru dalam suatu proses produksi kosmetik.         Sehingga pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai contoh untuk menjadi wirausahawan   yang sukses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas kewirausahaan

Tugas Kewirausahaan  Menjual "Rorec Natural Skin Care Mask" melalui Media Sosial Instagram      kewirausahaan merupa...