Sabtu, 09 November 2019


Praktikum Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam Penggunakan APAR


       

  Pada tanggal 6 November 2019, mahasiswa semester 1 D3 Analis Kesehatan Politeknik Katolik Mangunwijaya melaksanakan kegiatan praktikum K3 yaitu penggunaan APAR. Peraktikum ini merupakan mata kuliah yang ada di kampus Analis Kesehatan.

 Tujuan dari K3 adalah untuk menciptakan proses kerja dan lingkungan kerja yang sehat, aman, nyaman dan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan karyawan. Dalam praktikum penggunaan APAR Pak Siswanto juga menjelaskan tentang klasifikasi kebakaran. Praktikum ini melaksanakan klasifikasi kebakaran kelas B dan cara penggunaan APAR untuk memadamkan api ringan. Kebakaran kelas B merupakan kebakaran yang menyangkut bahan bakar cair atau gas yang mudah terbakar. Contohnya seperti kerosene, solar, premium (bensin), LPG, minyak goreng. Alat pemadaam yang dapat digunakan pada kebakaran tersebut yaitu tepung pemadam (dry powder), busa (foam), air dalam bentuk spray/kabut yang halus. APAR jenis tepung pemadam ini biasanya terdapat di sekolahan, dapur, dan lainnya.

       Cara penggunaan APAR jenis tepung pemadam ini penggunaanya tidak terlalu sulit. Pastikan APAR masih dalam keadaan yang baik dan bisa digunakan. Pada praktikum ini contoh media yang digunakan untuk membakarnya adalah dengan menyiapkan tong yang tidak digunakan lagi, lalu diisi dengan solar atau bensin dan nyalakan api di dalamnya. Setelah itu gunakan alat APAR, dengan tangan kiri memegang leher alat dan tangan kanan membuka kuncinya. Cek terlebih dahulu alat, dengan mengarahkan selang pada posisi ke atas dan ditekan tuas penyemprotnya. Lihat arah angin pada objek yang terbakar dan menyemprotkannya harus pada posisi belang arah angin tersebut. Kemudian jika alat bisa digunakan, arahkan selang pada objek yang terbakar dengan menekan tuas penyemprotnya lalu disapukan ke kanan dan ke kiri hingga api padam. Jika APAR tiba – tiba habis, maka dapat menanganinya dengan mengambil karung atau keset yang basah dan ditutup secara hati – hati agar tangan tidak terbakar.

  Tujuan praktikum ini digunakan untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa jika terjadi kebakaran yang ringan, agar mahasiswa dapat mencegah kebakaran tersebut tidak menjadi lebih besar dan dapat digunakan untuk bekal diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas kewirausahaan

Tugas Kewirausahaan  Menjual "Rorec Natural Skin Care Mask" melalui Media Sosial Instagram      kewirausahaan merupa...