Sabtu, 09 November 2019


Kegiatan Praktikum Media dan Reagen
Mahasiswa Semester 1 D3 Analis Kesehatan Politeknik Katolik Mangunwijaya


   

     Salah satu mata kuliah yang ada di kampus Analis Kesehatan Politeknik Katolik Mangunwijaya yaitu praktikum media dan reagen. Praktikum ini dilaksanakan pada tanggal 7 November 2019. Pada praktikum ini media yang akan dibuat adalah media cair BHI dan sterilisasi.

        Praktikum media dan reagen setiap kelompoknya terdapat 4 orang anggota. Empat orang tersebut harus saling bekerjasama agar dalam pembuatannya tidak terjadi kesalahan dan berjalan dengan lancar. Pada saat melakukan praktikum harus menggunakan APD yang lengkap untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan. APD yang digunakan seperti masker, sarung tangan, jas laboratorium dan lainnya jika memerlukan. Media yang akan dibuat pada praktikum ini yaitu media cair BHI. Media cair BHI merupakan media yang digunakan sebagi media penyubur untuk mikroorganisme. Kandungan yang ada pada media tersebut terdapat irisan kecil dari jaringan hewan yang digunakan untuk menumbuhkan mikroorganisme. Selain itu juga terdapat karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi.

  Dalam proses pembuatannya kelompok kami harus menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, lalu menimbang media yang berbentuk serbuk tersebut sesuai dengan kebutuhan secara tepat. Setelah itu dimasukkan ke dalam beackerglass dan dilarutkan dengan aquadest sampai tanda batas dengan dihomogenkan sampai tercampur dengan merata. Dipanaskan media tersebut di atas hotplate hingga tercampur (ditunjukkan dengan warna kuning jernih) dan jangan sampai mendidih. Lalu media didinginkan sebentar dan di cek pH (netral). Dituang media ke dalam tabung reaksi sebanyak 3 ml menggunakan bantuan gelas ukur, dan ditutup dengan kapas dan kertas payung lalu diikat dengan karet gelang. Disterilisasi media di dalam alat autoclave pada suhu 121 º C dengan tekanan 1 atm selama 15 – 20 menit. Jika proses sterilisasi sudah selesai maka media dikeluarkan dari autoclave dan bisa digunakan untuk praktik, bila media belum digunakan bisa disimpan pada suhu dingin.

     Mata kuliah praktikum media dan reagen ini, diberikan untuk mahasiswa Analis Kesehatan agar kita mampu untuk menyiapkan dan membuat media guna kebutuhan praktikum kita nantinya. Sehingga ketika ada tugas dari dosen untuk membuat media, kita bisa membuatnya dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas kewirausahaan

Tugas Kewirausahaan  Menjual "Rorec Natural Skin Care Mask" melalui Media Sosial Instagram      kewirausahaan merupa...